Sabtu, 29 Oktober 2016

Cara Membuat Chager HP Di Motor

 chager-hp-di-motor

Di pasaran sekarang ini sudah ada berbagai merk chager HP di motor, tapi yang mecewakan, harganya itu lho mahal banget. Karena harganya mahal, jadi di postingan kali ini saya mau bebagi cara membuat chager HP di motor dengan biaya yang sangat murah meriah. Dengan memanfaatkan aki yang ada di motor, kita dapat membuat chager HP di motor, Tentu saja rangkaian chager HP di motor ini membutuhkan aki yang masih bagus.

Langsung aja ke pokok pembahasan, perrtama tama siapkan dulu alat alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:
-Solder
-Tenol
-Kabel warna merah dan hitam, kira kira panjangnya masing masing ½meter.
-komponen IC7805
-Kaseng bekas chager HP + kabel chager yang dihubungkan ke HP atau bisa pake USB.
-Tang

Cara Membuatnya
  1. Ambilah kabel warna merah terus hubungkan dengan solder pada komponen IC7805 pada kaki bagian kiri (posisi komponen tulisan IC7805 didepan sedangkan untuk kabel warna hitam hubungkan dengan solder ke kaki tengah pada komponen IC7805.
  2. Lalu ambilah kabel yang di colokan ke HP, pilih kabel merah+, kabel merah ini di sambungkan ke IC7805 kaki bagian kanan. Sedangkan yang warna hitam- dihubungkan ke kaki bagian tengah IC7805.
  3. Ambilah kaseng chacer HP, lalu cabutlah kedua besi yang sering untuk dicolokin ke listrik dengan tang, setelah tercabut semua, terus masuk kabel warna merah dan hitam pada lubang bekas colokan listrik dicabut tadi, sehingga IC7805 berada didalam kaseng chager HP. Sedangkan kabel yang dicolokin ke HP berada di luar. Lalu dibaut lagi kaseng HP itu.
  4. Hubungkan kabel warna merah+ ke kutub positif aki, sedangkan kabel warna hitam- dihubungkan ke kutub negatif aki
Setelah cara membuat dari nomor 1 samapi nomor 4 selesai lalu coba hp di chager pake rangkaian chager HPdimotor ini, jika tidak ada tanda tanda HP telah di chager, kemungkinan kabel kabel di rangkaian belum terhubung sempurna, jadi perlu diperbaiki lagi.

Keuntungan Dari Chager HP Dimotor
  1. Hanya dengan biaya murah kita bisa membuat powerbank dimotor, Soalnya komponen IC7805 harganya kira kira Rp3.000 untuk yang murah, sedang yang bagus itu merk gm harga kira kira dua kali lipat dari harga murahnya. Tentu saja rangkaian chager HP ini membutuhkan aki yang masih bagus.
  2. Jika listrik di aki motor habis, secara otomatis motor mengisi ulang aki (jika motor dinyalakan) dan rangkaian chager HP di motor ini sangat aman apabila motor dijalankan disaat buat ngecas HP. Karena didalam IC7805 ada penstabil tegangan, yang keluarannya yang sangat cocok untuk ngecas HP.
  3. Apabila ketika listrik mati kita masih bisa ngecas HP dan juga bisa untuk menyalakan music box, jika colokannya di sesuaikan untuk music box, kan kedengarannya aneh, ketika listrik masih padam ada yang menyalakan music box dengan keras. 
Untuk saran dari aku, mending keluarannya pake USB, karena USB bisa untuk menchager berbagai peralatan:tentu saja HP, senter police, music box, powerbank, untuk menyalakan USBlamp, dan peralatan lainnya, kita bisa merenofasi peralatan lainnya dengan in put USB (khusus peralatan yang mebutuhkan 5volt sebagai in put/sumber tegangan. Sebagai contoh kita bisa memnambahkan USB pada radio, tapi radio itu harus memiliki tegangan sumber 5volt.

Tidak ada komentar :
Write komentar